Inilah 5 Fakta Mencengangkan Militer Indonesia yang Tidak Banyak Diketahui

Inilah 5 Fakta Mencengangkan Militer Indonesia yang Tidak Banyak Diketahui
Inilah 5 Fakta Mencengangkan Militer Indonesia yang Tidak Banyak Diketahui

Indonesia adalah negara yang hebat, tapi tidak setiap waktu kita menyadarinya. Di momen yang tepat, di saat kita merayakan HUT kemerdekaan di bulan Agustus, sudah saatnya pula Penghuni Kampus mengingat kembali kalau Indonesia adalah bangsa yang besar dan bisa dibanggakan.

Salah satu kebanggaan itu adalah militer Indonesia yang diakui kehebatannya di dunia. Bagaimana tidak, Penghuni Kampus juga perlu tahu, banyak fakta mencengangkan tentang hebatnya militer negara kita ini. Bahkan, negara lain sudah memandang tentara Indonesia sebagai pasukan yang kuat.

Penghuni Kampus mungkin jarang mendengar kegiatan militer karena tak terekspos berita. Kegiatan militer memang dirahasiakan kegiatan-kegiatannya demi perdamaian. Semua negara juga melakukannya kok. Jadi, wajar kalau tidak diekspos. 

Nah, walaupun banyak dari Penghuni Kampus yang kurang mengetahui kegiatan militer Indonesia, itu semua tak menghalangi kalian untuk tahu kelebihan militer negara kita, bukan? Berikut ini ada beberapa kelebihan kemiliteran kita yang membuat banyak negara kagum.

Mempunyai Pelatihan yang Tidak Dimiliki Negara Lain
Pelajaran yang tidak didapat oleh pendidikan elite militer manapun adalah pendidikan gerilya. Pendidikan ini merupakan salah satu strategi perang yang dikenal luas dan sangat efektif untuk mengelabui, menipu, bahkan menyerang secepat kilat. 

Taktik mengepung yang tak terlihat ini dinilai ampuh untuk menyerang musuh dalam jumlah besar. Mereka yang dikepung mendadak akan kehilangan arah dan tak sempat menguasai medan. 

Urutan Ketiga Militer Terkuat Dunia
Setelah Inggris dan Israel, Indonesia berada di posisi ketiga militer terkuat di dunia. Kopassus atau Komando Pasukan Khusus Angkatan Darat Indonesia sering digunakan untuk melaksanakan misi operasi khusus, baik tindakan langsung seperti konvensional perang dan sabotase, kontra-pemberontakan, kontra-terorisme, dan pengumpulan intelijen.

Indonesia Menjadi Guru Militer Vietnam dan Korea Utara
Jenderal Tommy Frank, Pemimpin Delta Force, pernah menceritakan pengalaman pahitnya ketika menyerang Vietnam dan Korea Utara. Pemimpin AS itu sadar siapa di balik kekuatan kedua negara Asia yang tengah konflik dengan mereka. Indonesia-lah yang disebut sebagai guru kemiliteran Vietnam dan Korea Utara.

Angkatan Udara dengan Pasukan Terlengkap dan Terkuat di Asia 
Pasukan berkualifikasi Korps Pasukan Khas TNI AU ini dulu dikenal dengan nama Pasukan Gerak Tjepat dan Kopasgat. Angkatan Udara AS juga memiliki pasukan serupa dalam beberapa satuan, yakni US Air Force Control Combat Team, US Air Force Pararescue, dan US Air Force Air Tactical Control Party. Namun, kekuatan angkatan udara Indonesia melebihi mereka.

30 Negara Menggunakan Baju Militer Buatan Indonesia
Yang keseringan kagum sama seragam militer luar negeri, coba sekarang dipikir lagi. Itu karena sebagai baju militer terbaik dunia, Indonesia mampu mengekspor seragam militer ke banyak negara, seperti Jerman, Inggris, Austria, Swedia, Belanda, Amerika Serikat, Turki, Australia, Singapura, Uni Emirat Arab, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Selandia Baru. Bahkan, seragam militer buatan Indonesia sudah dipakai anggota North Atlantic Treaty Organization (NATO) loh. 


Baca : Sumber

0 Response to "Inilah 5 Fakta Mencengangkan Militer Indonesia yang Tidak Banyak Diketahui"

Posting Komentar